13 November 2006

Taman Nasional Jiu Zhai Gou (cerita dr Teddy Halim)

Akhirnya weekend ini semua tamu tamu pulang ke Indonesia dan rasanya baru bisa istirahat bener dan mencoba menuliskan tentang Taman Nasional yg kami kunjungi.

Taman Nasional pertama di propinsi Hunan, tempat kelahiran Mao Zhe Dong dan sudah dimasukkan daftar World Natural Heritage oleh PBB. Taman nasional gunung Zhang Jia Jie ini berciri khas dng pegunungan batu sandstone yg sudah tua sekali dan diukir oleh alam lewat akar akar pohon yg mendesak di celah bebatuan dan juga pengangkatan permukaan, depresi patahan patahan cantik diukir alam.

Untuk bisa masuk ke taman nasional ini, harus dilakukan kontrol biometris melalui sidik jari. Ini adalah untuk menyelia daya dukung objek turisme ini (carrying capacity). Maklum Tiongkok memiliki penduduk agak banyak dan turis dari manca negara setiap tahun hampir 100 juta orang yg datang.

Tiket masuk taman nasional bisa dibeli seharga Rmb 245 utk beberapa hari masuk ke TN dan juga shuttle buses kalau mau naik kendaraan dari satu lokasi ke yang lain mengingat luasnya taman ini. Tiket masuk berupa smart card magnetik. Tiap kali masuk kita antri utk diambil sidik jari dan di scan secara magnetis kartu masuk utk dicocokan dng data hari pertama.

Di dalam taman nasional ada kendaraan shuttle utk menuju keberbagai atraksi. Luas taman nasional ini ratusan hektar (800km2), ada lbh dari 3000 pilar tegak lurus menantang sekali buat rock climber dan banyak dng ketinggian lebih dari 200m (kira kira 1030an dng ketinggian 400m). Diantara pilar ini terhampar ratusan lembah, bersungai sungai diantaranya, telaga telaga, air terjun dan sekitar 40 gua.

Tidak ada kendaraan pribadi boleh masuk.

Mau opsi jalan juga disediakan banyak sekali trek utk dijelajahi dan sudah diberi marka, boardwalk ditempat tertentu dan juga keterangan keterangan ttg situs situs disana. Easy walk buat orang gaek seperti kak Fifie dan saya.

Hari kedua kami jalan sejauh 7.5 km di dasar lembah sehingga countour naik turun tidak begitu terasa. Apa lagi sambil menikmati pemandangan yg luar biasa spt di lukisan lukisan Tiongkok itu.

Jadi kalau mau buat tour easy trekking bisa juga dilakukan disini. Taman Nasional Zhang Jia Jie ada diketinggian sekitar 1750m dpl.

Tempat ini terbagi 4 lokasi : Zhangjiajie National Forest Park, Yangjiajie Scenic Spot, Suoxiyu dan Tianzishan Natural Resources Reserves sendiri dng area 500 km2.

----- Taman Nasional Jiu Zhai Gou (bersambung. .)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home