11 November 2006

EBC M Team - news (Mission DONE)


Yess,

Akhirnya kami semua berkumpul kembali bersama-sama di Kathmandu, kemaren landed dari Lukla group terakhir jam 14.00, langsung makan siang merayakan ulang tahun Tjandra Heru yang ke 49 (wizz tua rek).

Sekilas nyambung laporan George terakhir, setelah George pulang ke Kathmandu by choper dari Perichee, team melanjutkan perjalanan ke Dingboche, aklimatisasi 1 hari dan terus ke Lobuche (4910 m)

Sampe di Lobuche, hani dan Olin terkena diare, kesehatanb menurun dimana akhirnya Olin dan hani harus turun ke Periche lagi (3200 m), karena turun ke low altitude utk recovery lebih aman.

Sisa team terus bergerak ke Gorakshep (5160 m) pada tgl 4 Nov pagi setelah makan pagi, dan sampe di Gorakshep sekitar jam 12.00 dan setelah makan siang lanjut naik ke Kalapathar (5650 m). Team pertama sampe di Kalapathar (kalau gak salah Milug dan Ambrin) sekitar pukur 15.00.

Tidak semua team sampe ke Kalapathar karena waktu menjelang sore dan perhitungan waktu pulang ke Gorakshep. Saat itu suhu berkisar antara - 5 sampe - 10 derajat Celcius.

Gua sendiri cuman sampe ketinggian 5500 m, dan saat liat ada yang pake jaket oranye sampai di puncak Kalapathar (milug), gua putusin gak naik lagi. Ada 2 pertimbangan gua gak naik, pertama gua turunnya sangat pelan, kedua ......... gua keciprit. Huaaaaaaaaa

Besoknya kita ke EBC (5 November), gile Everest, Nuptse dan Lhotse deket banget, cuman beda 1 lembah. Gak ada aktivitas pendakian, sempet liat avalanche beberapa kali. Kebayang kalo nimpe kita.

Emang mental peranannya penting banget, yang nyampe Kalapathar dan EBC semuanya M. Yang non M (3 org) ke EBC gak ikut, mereka saat kita ke Kalapathar take a break, dan saat kita ke EBC, mereka ke Kalapathar, gak sampe puncak, cuman pelataran. Emang ke Kalapathar cuman ambil view point to Everest and surround. Tgl 5 Nov, Cha2pun gak bisa ikut ke EBC, karena sakit dan harus turun ke Perichee utk recovery.

Penyakit yang paling menakutkan selama perjalanan cuman 2 rasanya, perut dan tenggorokan. Kalau sudah kena diare, lgs lemes, dan AMS langsung nyerbu. Tenggorokan kalau gak ati2, lgs batuk. Batuknya gak mempan pake obat batuk Indo, batuk khusus (mereka sebut Khumbu Cough).

Detailnya mungkin ada rekan lain yang bisa lebih detail ceritain nantinya, cuman TG dan FS punya Kukuri (disini org bilangnya begitu) sudah dibeli. Gua coba titip George bawa, karena hari ini Suhanto balik ke San Diego, besok sebagian team nyusul balik ke Jkt dan KL.

Gua , BHP, Cha2, Ableh, Ambrin (option Hasan, Irma dan Irsan) mau ke Pokhara, tersu ke Chitwan natinal Park, dan baru balik 15 Nov sore ke KTM. 16 Nov siang kita balik ke Jkt via Bangkok dan Sgp.

Gitu dulu,

dilaporkan oleh Sani Handoko (M 80205 AGB) via milis Mahitala

0 Comments:

Post a Comment

<< Home