21 November 2006

Taman Nasional Jiu Zhai Gou ke 3(cerita dr Teddy Halim)

-3-

Sebelum thn 75 boleh dikata tidak ada penebangan hutan, dan thn 78 setelah diketahui adanya pembalakan liar hutan primitif ini dilindungi dan penebangan terhenti sama sekali. Hutan purba ini terselamatkan, didalam bisa dilihat pohon pohon yg sudah sangat tua. Percaya ga percaya waktu jalan diutan rasa sakit kepala krn kurang O2 itu bisa ampir hilang. Enakeun pisan bisa bernafas dibawah pepu'unan dalam hutan masih asli tidak disentuh manusia langsung. Semua trek rata rata dibatasin dng pagar kayu dan diberi wooden planks dan landasan dng pengaman jejaring logam diatasnya, spy jangan kepleset waktu basah atau berlumpur. Rata rata trek tsb sangat bersih dan terpelihara rapi.

TN sendiri berbentuk huruf Y, bisa di jelajahi dalam sehari melalui trek trek yg disediakan (plankwooden trek, trek berkerikil) sejauh 36 km (liat peta terlampir). Fauna primadonanya yg acap jadi headline disana adalah Panda dan Monyet Emas, berbulunya keemasan kalu kena sinar matahari.

Untuk pengunjung yg tidak bisa jalan, didalam taman nasional disediakan bus bus berenerji natural gas yg jumlahnya cukup banyak utk mengantar ke berbagai titik di dalam TN (lihat foto busnya). Trek tersedia sekitar 40an km dan kalau dihabiskan sehari sayang juga. Tiket masuk berlaku utk 2 hari.

Emang rasanya di pintu masuknya yg besar itu serasa mau masuk ke theme park gitu, spt mau masuk DUFAN, Disneyland lah. Plaza tempat masuk gede banget dan krn disini spt saya katakan penduduk Tiongkok ini orangnya lumayan banyak, jadi dimana mana ketemu banyak banget orang Tionghoa.

(sorry ntar sambung lagi ya ..)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home