21 November 2006

Taman Nasional Jiu Zhai Gou ke 2(cerita dr Teddy Halim)

Dari Zhangjiajie di propinsi Hunan, kami terbang dari airport di ibukota propinsinya Changsa. 2 jam terbang ke Chengdu ibukota propinsi Sichuan di barat Tionggoan ini. (lihat petanya terlampir). Dari situ ganti pesawat utk langsung terbang 30menit lagi ke Jiuzhaigou (sekitar 270 km utara dari ibukota Chengdu). (lihat peta tersertakan) .

Jelang tiba tiba tiba paparan pegunungan Minshan dengan cerah terbuka di jendela pesawat. Salju berkilau kilau dimatahari yg cerah hari itu.

Sepanjang penerbangan diingatkan bahwa tebalan O2 disana tipis dan agar penumpang jangan melakukan segera aktivitas fisik yg berlebihan, jangan negak alkohal berlebihan minum juice lebih banyak.

Ketinggian diJiuzhaigou airport yg terletak di dataran tingginya sekitar 3500 mt., jadi turun dari pesawat ke tarmac kerasa juga dingin dan nafas agak susah dikit (ga kebagian aerobridgenya) tapi airportnya bagus biar dileweung gitu.(liat photonya)

Dari airport ditransfer turun ke lembah Jiuzhaigou sekitar 42 km jalan berliku ke kota kecil dilembah tempat nginap. Ketinggian di lembah dan gunung disana berkisar dari sekitar diantara
2,140m (Luveihai, Reed Lake, pintu masuk taman nasional sampai ke 4,558m (gunung Ganzi Gong Gai).

Jiu Zhai Gou ini dihuni pertama oleh suku suku Tibet, sepanjang pegunungan ini banyak suku minoritas dan spt di kota Songpan sebuah kota yg secara militer amat strategis sebagian besar penduduknya Muslim.

Desa Sembilan Cekungan (Nine Gully) itu arti nama Jiu Zhai Gou, ada yg menyebut juga sebagai Sembilan Benteng krn situasi fisik alam yg khas. Thn 1992 dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh PBB.

Luas Lembah ini 72,000ha, dng buffer zone 60,000ha. Jiuzhaigou Nature Reserve sendiri seluas 65,074ha. (Lihat mapnya)

Termasuk juga tambahan Wanglang Nature Reserve (27,700ha) Huanglong Scenic Area (70,000ha) di tenggara lembah. Didalam TN ada 114 danau tercatat, 47 mata air, 17 kelompok air terjun, 11 sungai arus deras, 5 kelompok genangan telaga dng batuan limestone. Salah satunya Danau Laut Panjang namanya (photo ada dilampiran)

(sorry ntar sambung lagi ya mo pegi dulu..)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home