18 August 2009

Prosesi Pencapaian Puncak Oleh BHP via SMS

Dear all,
berikut di bawah ini adalah kisah detik-detik pencapaian puncak Elbrus yang langsug dikabarkan oleh Budi Hartono Purnomo yang biasanya kami panggil BHP langsung dari ponsel beliau . Selamat menikmati !

salam,
M 2000511 ATSA

=============================
Hari 7, Minggu 16 Agustus 2009
Hari Minggu kemarin kami aklimatisasi ke Prijutt 11, sambil nunggu cuaca baik. Cek peralatan, briefing route dan istirahat. Hari ini kelingking terkilir.


Hari 8, 17 Agustus 2009
Summit Attack, Jam 01 dini hari kami sdh bangun, membereskan peralatan, sarapan sekadar nya dan siap melakukan pendakian ke puncak. Jam 03 baru mendaki. Udara benar2 dingin membekukan. Menurut Elizabeth Pahl, guide kami yg selalu berkeliaran di Elbrus udara dingin pagi ini sangat luar biasa.

Medan salju dengan kemiringan 45 drajat, suhu -20C, nyaris membekukan kami. Pakaian sudah lapis 5, dgn Goretex lapis ke 4 dan Down Jacket lapis ke 5 (terluar) masih tak mampu menahan dingin. Jam 07, kami baru sampai di ujung Saddle Point(5200M) yg merupakan punggungan gunung yang menghubungkan West dan East Peak. Kita istirahat. Dada mulai sesak.

Pendakian selanjutnya makin berat. Dibutuhkan 1 jam untuk nyeberang punggungan, setelah itu nanjak dgn kemiringan sampai 60 derajat menuju Puncak. Sementara lebar track hanya 30 cm itu pun karena di buat tapak pendaki sebelumnya. Sementara jurang menganga lebar ke kanan degan kedalaman ratusan meter. Maka kalau terpeleset, abis sudah.

Menjelang puncak, di ketinggian 5500M, pengaruh ketinggian(Altitude Mountain Sickness) mulai terasa jelas. Nafas terasa lebih berat dan dada sesak. Badan capai. Langkah kaki berat, udara selalu kurang meskipun tarikan nafas sdh memburu. Pada sebagian orang di barengi sakit kepala dan mual serta muntah. Bila sampai pada kondisi ini bahaya.

Perjalanan ke puncak cukup berat. Tapi udara cerah, langit biru, matahari terik. Seluruh jajaran peg. Kaukasus tampak jelas memanjang. Kami berhasil sampai puncak antara jam 11 an.

Puncak Barat Elbrus (5642M) hanya seluas 30M2 sudah dipenuhi belasan pendaki Rusia, Jerman, Swiss & Polandia. Ketika merrk kami beritau bahwa hr ini adalah HUT Kemerdekaan RI ke 64, mereka sangat respek dan segera beri kesempatan untuk seremonial dan kibarkan Merah Putih. Malah mereka bantu merekamnya dengan video kami. Yang paling semangat Tim Polandia. Karena mereka bilang itu bendera negara kami (tinggal di balik putih merah). Kami terharu di hargai di puncak gunung Elbrus oleh para pendaki dunia.

1 Comments:

At September 07, 2009 9:21 AM, Anonymous taka said...

Selamat untuk Mahitala atas pencapaiannya.

 

Post a Comment

<< Home