29 January 2009

Sudirman Status (29 Jan 2009) - Puncak Idenburg 4.717 Mdpl

Setelah melewati beberapa halangan dan sulitnya medan, akhirnya Tim Ekspedisi Pegunungan Sudirman 2009 Mahitala Unpar berhasil mengibarkan benderanya di Puncak Idenburg (4.717mdpl). Kesuksesan ini dilakukan oleh tim Engea 1 (Angga, Dion, Broery dan Wildan) pada hari ini pukul 09.25WIB atau 11.25 WIT). Rasanya dari literatur yang dikumpulkan oleh Mahitala Unpar, ini adalah kali kedua puncak Idenburg dikunjungi setelah dilakukan oleh Henrich Harrier (Jerman) pada tahun 1960 silam.

Pada saat yang bersamaan tim observasi (Frans dan Rangga) melakukan observasi di sekitar MBC dan Danau Idenburg yang merupakan salah satu target selain pencapaian 5 puncak di kawasan ini.

Pergerakan yang rencananya akan dilanjutkan menuju flying camp C1 dibatalkan karena menurut hasil survey C1 sulit untuk menambatkan anchor yang berfungsi untuk pengaman. Seluruh tim berkumpul kembali ke Mahitala Basecamp untuk konsolidasi dan regrouping kembali untuk mengatur plan yang lebih matang "menyerang" puncak Puncak Merah Putih dan Puncak Garuda (kedua puncak tersebut terdapat di Alice Ridge) esok hari melalui jalur yang sudah disurvey.

Seluruh pergerakan ini dipantau dan dilaporkan secara ketat oleh Magio (ketua ekspedisi) melalui berbagai macam sarana komunikasi. Kali ini Mahitala Unpar didukung oleh Radio SSB untuk komunikasi direct dari MBC ke Sekretariat Mahitala di Jalan Ciumbuleuitet 94. Sementara hubungan antara MBC dan Command Center (Tembagapura) dilakukan dengan radio 2 meter band dan HP Satelit sebagai pendukung.

Rencananya esok hari, Mario dan beberapa personil antara lain : Pak Nurman (Freeport), Andro (Freeport-Mahitala AMSP), Pak Andriana (Direktur Airfast di Papua) akan melakukan kunjungan ke MBC melalui jalur darat (Heat Roar - Grassberg - Koteka Dump - MBC)

Kondisi :
10.00 WIT Cerah
11.00 - 13.00 WIT Hujan Es (diikuti hujan air)
13.00 - 14.00 WIT Cerah
14.00 - malam WIT Hujan air
Suhu 6C dan 3C dimalam hari
Kecepatan angin 1,5 m/s
Tim OK !


Solo Bandung...Monitor,
M 2000511 ATSA

0 Comments:

Post a Comment

<< Home